4 Hal yang Membuat Stress Mahasiswa Tingkat Akhir

bingung_2810_29
cr: kerjaanrimba

Media sosial menjadi hal yang lazim lagi untuk sarana curhat bagi penggunanya. Selain curhat, juga menjadi tempat saling sindir dan membuat permohonan dikala ganti bulan atau tahun. Di sini gua akan mengikuti trend para netizen Indonesia yang menjadikan media sosial sebagai tempat curhat /padahal sebelum-belumnya tulisan gua curhatan juga tuh -_-/. Ya, bisa dibilang tulisan gua kali ini curahan hati yang mewakili mahasiswa tingkat akhir lainnya. Gua mau ngomongin the best things that make you stress as final years student kkkkkk. Dapet wangsit ide ini pas bener-bener lagi niat buat ngerjain tugas tercinta yang selalu ada dipikiran setiap saat yaitu skripsweet, tapi kondisi tidak mendukung.

  1. Judul skripsi
    Kalian yang judul seminar proposal saat semester 6 langsung di acc sangat, sangat enak. Tanpa perlu merasakan bolak-balik ke kampus untuk bimbingan judul dan langsung bisa ngerjain sampe bab III. Tapi gua ini merasakan judul yang tidak diterima /lebih tepatnya sih karena kasus udah lewat dan gak sesuai dengan apa yang pingin gua teliti/ dan diubah menjadi judul yang tidak gua inginkan hingga mengharuskan gua memutar kembali otak yang isinya udah pengen liburan aja kkkkk. Butuh waktu sekitar dua bulanan buat gua hingga akhirnya mengambil judul skripsi yang disarankan oleh dosen pembimbing gua /fuh akhirnya/.

f86355a84a5921a319b70b90e6597d76

  1. Seminar proposal (semprop)
    Setelah judul acc dan mulai mengerjakan bab I- bab III, muncullah pembicaraan tentang seminar proposal yang membuat kepala semakin pusing. Di situlah semangat kalian di uji wkwkwk. Ketika mendengar semprop akan diadakan mendekati wisuda, muncullah rasa ragu jika kalian bisa menyelesaikan bab IV dengan waktu yang mepet. Beruntunglah kalian yang fakultasnya tidak mengadakan seminar proposal dan langsung menghadapi sidang skripsi. Kalian tidak perlu memusingkan waktu yang mepet-mepet.
  1. Dosen pembimbing
    Kalau yang ini gak semua mahasiswa merasakan pahit karena dosen pembimbing. Mungkin tergantung tingkat keberuntungan diri sendiri jika mendapatkan dosen pembimbing yang mudah ditemui dan mudah untuk bimbangan. Gua sih masuk ke standar karena dospem gua hampir tiap hari ada di kampus. Ketika belum masuk waktu kuliah efektif pun beliau ada di kampus, cuma ya sibuknya itu. Kadang ngantri dengan mahasiswa lain yang bimbingan juga, kadang ada rapat sampai sore dan kita mengharuskan nunggu jika tidak ingin kedatangan kita ke kampus saat itu sia-sia.
  1. Jarak
    Nah ini yang terakhir menurut gua, dan gak semua mahasiswa mengalaminya makanya gua taro di akhir. Bagi kalian mahasiswa yang jarak rumah ke kampus memakan waktu berjam-jam apalagi yang naik angkutan umum. Pasti merasakan lelahnya perjalanan. Mencuri-curi waktu tidur saat di kopaja, sering banget dilakukan. Dan paling membuat kita stress, ketika macet menghampiri. Berasa tua di jalan. Nah, gua pun merasakannya jarak dari Depok ke Kebayoran Baru yang bikin gua kadang mikir-mikir lagi kalo ke kampus sendirian cuma buat pinjem buku wkwk. Apalagi kalo naek kopaja beuh mending nunggu ada motor nganggur atau ngajakin massa ke kampus biar gak bolak balik doang hihihi.

Nah itulah hal-hal yang mendampingi skripsi yang membuat kita stress berasa pingin nyari jodoh aja daripada mikirin revisi lagi, revisi lagi wkwkwk. Tapi ya, kita sebagai mahasiswa harus menyelesaikan tugas akhir itu supaya gak di tanya-tanya sama sodara, tetangga, temen, TTMannya, friendzonenya eh. sekolahnya udah beres belum? atau skripsinya udah sampe mana?, Karena kemarin gua merasakan horornya pertanyaan tersebut wkwkwk lebih horror dari pertanyaan pacarnya kok gak dibawa? Karena gua udah punya jawaban ampuh kalo ada yang nanya begitu kkkkk. sekian dan terima kasih :)^^

Leave a Reply

